Today Top Reading

Monday, November 3, 2008

Strategi Barack Obama Meraih Kursi Presiden


Hari Selasa ini, 168 juta rakyat Amerika Serikat memilih presiden baru di 50 negara bagian. Siapa presiden AS yang ke-44, John McCain (72) atau Barack Obama (47), bisa diketahui nantinya...Tapi secara pribadi saya melihat dan percaya BARACK OBAMA akan menjadi presiden AMERIKA yang ke 44 tahun 2008 ini.

Strategi Pemasaran Barack Obama semakin hari semakin memperlihatkan kemajuan yang pesat. Coba kita perhatikan setiap hal yang berhubungan dengan OBAMA akan sangat mudah DIJUAL baik itu gantungan kunci, poster, kalender dan berbagai alat promosi lain terlihat SANGAT DIGANDRUNGI. Inilah kunci dari contoh sukses sebuah strategi pemasaran.

Barack Obama telah berhasil menerapkan strategi pemasaran yang integratif dan menyeluruh hingga hal-hal yang terkecil hingga sudut-sudut ujung dunia sekalipun.
Barack Hussein Obama sangat PAHAM akan KEBUTUHAN dan KEINGINAN Masyarakat Amerika dan Dunia terhadap Presiden AMERIKA 2008.
Untuk itu dia telah merancang dan menerapkan startegi "Marketing War" untuk mengalahkan "sang competitor".
Beberapa strategi yang digunakan Barack adalah:

1. Iklan: Iklan yang digunakan sangat sempurna baik dengan brand "obama 08" maupun dengan logo dan materi setiap iklannya ditujukan untuk MEMENUHI KEBUTUHAN masyarakat AMERIKA yang SANGAT HAUS akan PERUBAHAN (CHANGE). Iklan yang ditampilan membuat Obama muncul bagaikan seorang PAHLAWAN, seorang yang BAIK HATI, RAMAH, PANDAI, MUDA dan BERINTEGRITAS, JUJUR apa adanya, SEDERHANA, dan yang PASTI DISUKAI oleh semua orang terutama kaum muda. Iklan Obama ada dimana-mana. Ibaratnya tidak ada tempat yang kosong yang tidak diisi oleh OBAMA. Luar biasa!.

Dalam hal logo, logo Obama sangat menarik, indah, muda, sejuk, dan penuh harapan bagaikan sebuah cahaya matahari yang menyinari dengan dominasi warna biru merah dan putih adalah warna yang kontras dan berani sangat ideal bagi orang-orang yang berjiwa muda.


Sedangkan logo McCain terkesan tua (warna hitam), old fashion, kaku, dan arogan karena ada unsur bintang terkesan militeristik sedangkan saat ini orang-orang sedang muak dengan peperangan dan arogansi kekuasaan.


2. Internet, Strategi yang digunakan tim Obama adalah; Bahwa setiap orang yang terkoneksi oleh internet PASTI tahu OBAMA dan KEMANA ARAH TUJUAN OBAMA dan MANFAAT yang akan diperoleh setiap orang jika OBAMA menjadi PRESIDEN AMERIKA nanti. Internet juga dijadikan MESIN UANG OBAMA yang terbesar (sebesar 95% sumber pendapatan) untuk memperoleh dana diperoleh dari internet dan ini adalah CARA BARU memperoleh DANA KAMPANYE. Selain itu, Obama ada di setiap sudut dunia maya yang berhubungan dengan komunitas seperti facebook, friendster dan lainnya. Jadi disini dibuat seolah-olah Obama adalah TEMAN bagi setiap orang.

3. Hubungan Masyarakat, Setiap tim kampanye dipilih adalah orang-orang yang memiliki integritas, nama yang baik dan terkenal untuk memberikan semacam TESTIMONI bahwa setiap orang YANG BAIK dan PENTING memilih OBAMA mengapa kita TIDAK?...Obama sangat ahli dalam berpidato dan memberikan HARAPAN (HOPE) yang mana untuk SAAT INI, jika selain OBAMA yang memimpin negeri AMERIKA maka AMERIKA akan semakin terpuruk dalam kehancuran. Barack Obama sangat diuntungkan dari dimana beliau berasal baik dari segi suku bangsa ataupun agama sepertinya OBAMA mampu melakukan "personal touch" yang sempurna dibandingkan Mc Cain yang terlihat sangat KAKU dan terkesan "MENJAGA JARAK".
Pertanyaannya adalah: Jika ANDA ingin merubah KEHIDUPAN anda SIAPAKAH yang AKAN ANDA PILIH?

No comments:

Post a Comment